ASPIRASI GENERASI; HARUS BACA DAN SADAR DEMI GENERASI


(Gambar design Yonis Wenda for FOSPEMA-PUNLANNY)

FOSPEMA-PUNLANNY.COM | Edisi Sekret HIMA-UNM | Jl. Emmy Saelan III No. 47 Makassar | Minggu, 12 Agustus 2018 | Pukul 22.00 Wita | Dabir Oleh; Jhon Lhau'rens Tabunny |

Wadah yang merupakan forum pembangunan interaksi yang baik dan benar maka perlunya ada interaksi dalam hal perbaiki dengan apapun yang terjadi dalam forum tersebut. 

FOSPEMA-PUNLANNY adalah wadah eksternal yang kini berusia telah menjadi muda maka tidak salah apabila dalam kinerja organisasi ada salah dan benar. Dari berjalannya organisasi maka ada beberapa saran dan kritik yang masukan guna perbaiki jalannya organisasi yaitu;

☆》 DPO KURANG INTROSPEKSI DIRI
DPO merupakan badan dimana control jalannya organisasi yang terus berputar roda dan meninjau aturan apabila ada perbedaan tafsiran bahkan melanggar konstitusi organisasi. Kini Dinilai dari sebagain besar anggota DPO FOSPEMA-PUNLANNY Kurang intropeksi diri untuk mengarahkan BP, BIRO BIRO dan seluruh anggota berdasarkan konstitusi organisasi. Hal ini muncul pendapat dikarenakan pada kenyataannya DPO ada yang langgar aturan padahal yang dipegang aturan  adalah DPO itu sendiri. Apabila kenyataan ini terus terjadi maka Pemegang Kekuasaan Forum Tertinggi (Badan Pengurus FOSPEMA-PUNLANNY) dan seluruh anggota akan melakukan pelanggaran dan dianggap DPO tidak konsisten pada konstitusi FP.

☆》 SENIOR KURANG INTROSPEKSI DIRI
Senior merupakan orang tua kedua ketika di kota studi (dimana tempat belajar mahasiswa berada). Anggota FP menilai senior FP Tidak berfokus pada didikan yang tekun melainkan motif Senior Kader-Lepas yang artinya saat hadir Maba/generasi baru senior seakan fokus didik, arahkan, ajarkan, tapi setelah beberapa lama kemudian lari dari kenyataan yaitu biarkan generasi ketika generasi berbuat salah dan tidak benar. Pembangunan kesadaran kurang efektif dan efisien dilihat dari kurang konsisten pada sistematika kader yaitu konsep dasar - konsep perbaikan - konsep pengembangan.

Senior harus sadar dari kelemahan dan kelebihan bukan berarti serba bisa namun kenyataanya banyak yang salah namun banyak yang terjadi adalah dianggap jawaban benar. Hal ini merupakan salah satu penghambatan kemajuan pemahaman maka harus dan saran bahwa kaderkan saja dengan apa yang sudah ketahui dan pelajari berdasarkan refrensi jelas bukan hanya sebatas dengar informasi dan opini ilegal yang disebarkan luaskan.

☆》DEWAN PEMBINAN (KETUA - KETUA KORWIL / WADAHINTERNAL LARI DARI KENYATAAN DAN KURANG INTROSPEKSI DIRI
Dewan pembina atau lebih dikenal ketua-ketua wadah internal FOSPEMA-PUNLANNY alias ketua korwil merupakan badan yang menjadi kekuatan dasar geraknya FOSPEMA-PUNLANNY sejak berdirinya FOSPEMA-PUNLANNY. Awal gerakan FOSPEMA-PUNLANNY telah berjalan baik namun semakin lama semakin jauh ketua ketua korwil untuk mengontrol BP dan seluruh anggota FOSPEMA-PUNLANNY.

Akibat terhindarnya ketua ketua korwil dalam pengontroling BP dan seluruh anggota FOSPEMA-PUNLANNY belum terlihat jelas dan alasannya namun ada beberapa yang disarankan dan dijelaskan sesuai observasi anggota bahwa;
  1. Ketua ketua korwil mengharapkan BP dan seluruh anggota FOSPEMA-PUNLANNY yang membangun pendekatan bukan mereka (ketua ketua) sendiri.
  2. Ketua ketua korwil sangat kurang menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai pengurus organisasi
  3. BP memimpin di ikatan rata rata mencari jabatan dengan alasan tertentu bukan karena jiwa kepemimpinan terhadap anggota
  4. BP terlalu dianggap serba bisa dan tidak bisa menerima gagasan anggota dalam kemajuan organisasi internal
  5. BP Banyak bicara tidak ada tindakan nyata yang berdampak pada generasi seperti pengarahan dan pendidikan internal
  6. Dan banyak hal yang tidak dilakukan oleh BP internal FOSPEMA-PUNLANNY namun BP yang banyak kritik dan salahkan anggota dalam kemajuan organisasi internal.


Keenam hal yang dijelaskan diatas berdasarkan observasi anggota kepada beberapa ketua-ketua korwil dalam koridor FOSPEMA-PUNLANNY makassar. Dalam hal itu juga disampaikan anggota bahwa; "Koreksi diri baru menilai orang lain". Hàl ini bisa katakan ya dan tidak karena kutipan seperti ini kadang disalahpahami dalam kejelasan namun yang baiknya adalah utarakan kalimat seperti ini sesuai kondisikan dan keadaan bukan diharuskan dalam evaluasi umum dan khusus.

Dalam diskusi terbuka ini ada pembahasan yang kaitannya tentang sifat keseluruhan anggota dan umumnýa bahwa DPO, BP dan seluruh anggota FOSPEMA-PUNLANNY yang Miras itu kurang ajar jadi harusnya di kasih ajar karena sudah bangun dangkalisme.

Harapan pendiri dan senior adalah teruskan yang baik dan perbaiki yang salah namun pada kenyataannya harapan itu hanya segelintir orang yang dilakuakan dan diteruskan.

Maka sangat diperlukan kepada ketua-ketua korwil dalam koridor FOSPEMA-PUNLANNY bahwa harus melihat anggota, peka terhadap organisasi agar harapan senior dan pendiri atau misi dan tujuan organisasi terwujud.

=====================================
Narasi diatas adalah observasi anggota FOSPEMA-PUNLANNY terhadap seluruh organisasi mahasiswa papua umumnya dan khususnya FOSPEMA-PUNLANNY (wadah internal). Harapan ini menjadi bahan kajian dan diskusi bahkan evaluasi umum anggota dan khusus intropeksi diri bagi ketua-ketua korwil.
=====================================

"Kebenaran yang benar adalah ketika pernyataan lebih dari satu dan itu semua jawaban benar maka itu adalah kebenaran yang benar". Jhon Lhau'rens Tabunny

Refrensi Narasi;


  • Diskusi terbuka pada tanggal, 12 juli 2018 di asrama puncak jaya di jalan rapocini raya lorong 09 No. 7A makassar
  • Diskusi terbuka di asrama puncak silbe jalan pelita raya makassar beberapa waktu silam
  • Diskusi terbuka di asrama puncak jaya di jalan rapocini raya lorong 09 No. 7A makassar
  • Rangkuman dari beberapa kajian dan diskusi internal dalam FOSPEMA-PUNLANNY dalam beberapa waktu silam.


Dabir; Jhon Lhau'rens Tabunny
DPO FOSPEMA-PUNLANNY Periode 2016-20109

0 Response to "ASPIRASI GENERASI; HARUS BACA DAN SADAR DEMI GENERASI"

Post a Comment